Langsung ke konten utama

Bpbd Jatim Bentuk 70 Destana

FRPB Pamekasan :  Rapat persiapan pembentukan 70 Destana di Jawa Timur dilangsungkan di Ruang Siaga Kantor BPBD Jatim, Jumat (3/5/2024). Tahun ini, jumlah Desa Tangguh Bencana (Destana) di Jatim dipastikan akan meningkat cukup signifikan. Itu karena BPBD Jatim menargetkan pembentukan 70 Destana sepanjang 2024 ini. Target pembentukan ini meningkat dibanding tiga tahun terakhir yang hanya 40 desa/kelurahan per tahun. Hadir mewakili Kalaksa BPBD Jatim, Analis Kebencanaan Ahli Muda Bidang Pencegahan Dadang Iqwandy, Sekjen FPRB Jatim Catur Sudarmanto dan sejumlah Fasilitator Destana dari berbagai daerah. Rencananya, pembentukan Destana Jatim akan diawali Selasa (7/5/2024) pekan depan, dengan lokasi sasaran di Kabupaten Gresik dan Kabupaten Madiun. Selanjutnya, agenda pembentukan akan bergeser ke Kabupaten Bojonegoro, Sumenep, Banyuwangi, Malang, Pamekasan dan sejumlah daerah lain. Selama Bulan Mei ini, sedikitnya 19 desa/kelurahan yang tersebar di 11 daerah akan menjadi sasaran

FRPB, RAPI dan FPRB Pamekasan kirim bantuan Korban Gempa

Pamekasan, FRPB-14 April 2021 - Forum Relawan Penanggulangan Bencana Daerah (FRPB) Pamekasan, Jawa Timur, mengirim bantuan kepada korban gempa di Lumajang, Jawa Timur.  Bantuan itu berasal dari sumbangan para dermawan dan masyarakat Pamekasan yang di kumpulkan di Sekretariat bersama FRPB, RAPI dan FPRB Pamekasan jl. Pintu Gerbang IVa Blok Klompang No. 12 Pamekasan.

"Bantuan yang kita kirim kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa di Lumajang ini merupakan hasil penggalangan teman-teman relawan Pamekasan," kata bidang Sarpras FRPB Pamekasan Moh. Syamsu Rizal di Sekretariat FRPB Pamekasan, Selasa malam.

Bantuan berupa kebutuhan pokok warga, seperti beras, Mie Instan, Sarden, Gula, Kopi, Abon, Teh, Garam beryodium, snack dan makanan tambahan gizi yang semuanya berjumlah 50 paket itu merupakan sumbangan dari warga dan pengusaha di Kabupaten Pamekasan.

Rizal menjelaskan, Kabupaten Lumajang menjadi sasaran pertama bantuan FRPB, setelah melakukan koordinasi dengan PusdalOps BPBD Pamekasan.

Data terakhir yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lumajang menyebutkan, jumlah korban yang meninggal dunia akibat gempa bumi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sebanyak enam orang. Dan seribu lebih bangunan yang rusak.

Bidang Sarpras FRPB Pamekasan Syamsu Rizal menjelaskan bantuan hasil penggalangan para relawan Pamekasan itu memang tidak seberapa banyak. Dan ini merupakan tahap pertama pengiriman bantuan setelah hasil koordinasi dengan BPBD Pamekasan.

"Kami menggugah pada elemen masyarakat lainnya di Pamekasan Jawa Timur secara khusus dan Indonesia pada umumnya agar bisa memiliki kepekaan sosial, membantu warga lain yang memang membutuhkan bantuan," katanya.

PusdalOps BPBD Pamekasan Budi Cahyono dikonfirmasi membenarkan pengiriman bantuan dari Gabungan Relawan Pamekasan yang akan mengirim bantuan ke Lumajang. Dan PusdalOps BPBD Pamekasan siap mengantarkan rekan-rekan FRPB, RAPI dan FPRB Pamekasan sampai lokasi Bencana.

Terima kasih kepada para Dermawan yang sudah peduli kepada saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah, semoga teecatat sebagai amal sholeh, amiin tutup PusdalOps BPBD Pamekasan.

Penulis : Fery
Editor   : Syamsul Hidayat
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BMKG Perkirakan Suhu Tinggi di Jawa Timur

Pamekasan, Frpb- Suhu udara di wilayah Jawa Timur beberapa hari terakhir tercatat 35-36 derajat Celcius yang terjadi di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Fenomena ini akibat gerak semu matahari yang pada tanggal 23 September 2022 lalu berada di garis  ekuator dan saat ini sedang bergerak ke wilayah selatan.  "Pada saat matahari bergerak menuju selatan ekuator akan mengalami titik kulminasi utama yang akan terjadi pada tanggal 11  sampai 14 Oktober di Jawa Timur," kata Kepala Stasiun BMKG Juanda, Taufiq Hermawan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/9/2022). Taufiq menjelaskan bahwa kulminasi merupakan kondisi matahari tepat berada di atas lintang pengamat, sehingga menyebabkan bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpu dengan benda itu sendiri atau hari tanpa bayangan.  Fenomena ini normal terjadi sebanyak dua kali dalam setahun dan tidak berkaitan dengan fenomena gelombang panas, terangnya lagi Meskipun suhu udara diprakirakan masih cukup tin

RELAWAN FRPB PAMEKASAN KEMBALI GELAR OPERASI BIBIR SUMBING GRATIS

 Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan dan Cahaya Ummat kembali menggelar kegiatan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis. Operasi tersebut dilaksanakan di RS Eka Husada Menganti, Gresik, Sabtu (3/7/2021). Fery Perdana Putra, Relawan FRPB Pamekasan mengatakan, operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis telah dilaksanakan kepada 4 orang pasien, yakni Moh. Alif dari Ds. Pagendingan, Kec. Larangan, Kab. Pamekasan, Moh. Iqbal dari Ds. Campor, Kec. Proppo, Kab. Pamekasan, Achmad Gibran dari Ds. Jambringin, Kec. Proppo, Kab. Pamekasan, dan Noval dari Ds. Robatal, Kec. Robatal, Kab. Sampang. "Alhamdulillah, operasi berhasil dilaksanakan di Rumah Sakit Eka Husada Menganti, Gresik," tuturnya. "Kegiatan ini akan terus berkelanjutan, apabila ada yang perlu, silakan mendaftarkan ke Sekretariat FRPB Kabupaten Pamekasan," pungkasnya. Sementara itu, Tim Dokter RS Eka Husada Menganti, Gresik sangat berterima kasih kepa

BPBD Pamekasan Kirim Personel Latihan Gabungan USAR dan Navigasi Digital

Pamekasan - Bpbd Pamekasan mengirimkan 10 personel pada Latihan Gabungan USAR dan Navigasi Digital ke Mojokerto untuk meningkatkan Kapasitas dan Kemampuan Personel. Kegiatan Latihan Gabungan tersebut diadakan oleh FPRB Mojokerto bekerja sama dengan BNPB, BPBD Provinsi, FORB Jawa Timur dan Basarnas. Latihan Gabungan tersebut diadakan tanggal 3-4 Juni 2023 bertempat di Area Kasumi, Gondang Kabupaten Mojokerto dengan diikuti oleh ratusan personel mulai dari Aceh, Bali, Jawa Timur, jawa Tengah dan beberapa Daerah lainnya. Selain dari BPBD kegiatan Latihan Gabungan tersebut juga diikuti oleh relawan dari berbagai Organisasi.  BPBD Pamekasan mengirimkan 10 personel dengan dibagi 2 dengan rincian 5 untuk USAR dan 5 personel dalam Navigasi Digital. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan Kesiapsiagaan personel dalam Penanggulangan Bencana. Diharapkan paska latihan tersebut personel lebih paham dalam mengatasi kemungkinan yang terjadi dalam penanggulangan bencana. Analis